Masih berkutat pada Majalah Angkasa Edisi ke 5 Kapal
Selam The Silent Warrior . kali ini gue mencoba ngetik ulang "Sejarah
Panjang Kapal Selam".
Meskipun di zaman sekarang sama-sama
merupakan alat persenjataan yang menggetarkan, namun dibandingkan
pesawat terbang atau tank misalnya, maka sejarah kapal selam ternyata
sudah jauh lebih tua. Sejak abad pertengahan, para penemu atau investor
di Eropa sudah mulai memikirkan bagaimana membuat kapal yang dapat
menyelam dan timbul lagi dengan dayanya sendiri, baik untuk kepentingan
peperangan maupun sekedar mengamati kehidupan di dalam laut.
Seorang penemu dari Nuremberg di Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan
sudah merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Namun yang
secara sadar merancang sebuah kapal yang menyelam untuk menghindari
musuh adalah seorang inggris yang kreatif, William Bourne. Pada tahun
1578 dia membuat rencana kapal selam dengan cukup rinci. Dilengkapi
dengan tangki-tangki (ballast) yang dapat di isi air dan di kosongkan
lagi untuk mengapung. Namun rancangan ini tidak mewujudkan secara nyata,
melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices. Padahal
sistem tanki balas tersebulah yang di kemudian hari menjadi suatu kunci
terpenting pada kapal selam.
Seorang investor Belanda bernama Cornelius Drebbel, 50
tahun kemudian memberanikan diri mewujudkan sebuah kapal selam yang
berbentuk seperti dua perahu yang di susun yang di tutup dengan kulit
agar kedap air. Lubang-lubang dayungannya juga dibuat sedemikian rupa
sehingga tidak kemasukan air . Drebbel tidak menggunakan sistem balas,
melainkan dengan pemberat biasa seperti besi agar perahunya menyelam.
Pada
1620 ia mendemokan kapal selam di sungai Themes di London, dan konon di
situ ia dikabarkan telah memakai pipa dan katup untuk memasukkan udara
bersih ke kabin dan mengeluarkan udara kotor. Sehingga ia merupakan
perintis pemakaian schnorkel, alat kapal selam modern yang di temukan
juga oleh orang Belanda tiga abad kemudian, Adapula orang Prancis, de
Son yang membantu membuat kapal selam untuk membantu Belanda dalam
perang dengan inggris tahun 1652-54. Kapalnya di buat di Rotterdam,
diperkuat dengan tombak-tombak besi di tabrakkan ke kapal musuh. De Son
mengkalim kapalnya mampu mengaramkan 100 kapal musuh setiap harinya dan
dapat mencapai kepulawan jajahan belanda di Indonesia hanya dalam enam
pekan saja, Namun kenyataannya, kapal tersebut tidak mampu bergerak dan
hanya menjadi tontonan saja.
Selang 30 tahun kemudian, seseorang pastor Italia Giovanni Alfonso Borelli
pada 1680 juga merancang kapal selam yang di gerakkan dengan dayung dan
memakai kantung-kantung pengapung dari kulit kambing . Pastor itu
merancang kapal karena sebagai ilmuan ia ingin mengamati kehidupan dalam
laut dengan kapalnya. Namun rancangan itu tetap tinggal di atas kertas,
dan baru mewujud ketika orang inggris, Nethaniel Symons mengkopinya
tahun 1747 dan menguji perahunya di S. Themes. Laporan pada masa itu
menyebutkan kapal ini mampu bertahan di dalam air selama 45 menit.
Seorang
pembuat kapal Inggris lainnya bernama kapalnya Day pada 1773 berhasil
menyelamkan kapalnya sedalam 30 kaki. Ia memakai pemberat batu yang
dapat di lepas dari dalam kapal. Setahun kemudian ia mencoba lagi di
perairan yang lebih dalam, Day bersama awaknya menyelamkan kapal mereka
pada kedalaman 132 kaki tanpa memperhitungkan bahaya tekanan air yang
makin dalam. Kapal beserta awaknya tidak muncul kepermukaan, dan usaha
untuk menolong mereka gagal karena cuaca lalu memburuk. Di duga kapal
selam Day tergencet tekanan air, dan ini merupakan kecelakaan fatal
pertama kapal selam dalam sejarahnya.
Dalam perjalanan sejarahnya yang sudah cukup panjang
tadi, penggunaan kapal selam dengan tujuan militer untuk menenggelamkan
kapal musuh, pertama kali di uji coba pada 1776 oleh seorang pejuang
kemerdekaan Amerika, David Bushnel. Lawannya adalah AL Kerjaan Inggris
yang paling kuat di dunia. Tatkala Revolusi Amerika dimulai pada tahun
itu, Inggris pun dengan kekuatan lautnya memblokade Amerika. Untuk
menebus dan melawan blokade itulah Bushnell membuat kapal selam yang
dinamainya Turtle.
Kapal selam kecil ini direncanakan untuk
menyerang musuh dengan mendekatinya dari dalam air, lalu melekatkan
peledak pada tubuh kapal lawan. Dengan memicu pemicu ledak setelah 30
menit bom itu dilekatkan, diharapkan kapal selam kecil itu sudah
menghindar cukup jauh apabila musuh mengejarnya.
Pada bulan
Agustus 1776, kapal selam yang diawaki Sersan Ezra Lee tersebut di
tugaskan untuk menyerang kapal perang Inggris HMS Eagle yang di lengkapi
dengan 64 pucuk meriam, yang merupakan kapal bendera Laksamana Earl
Howe. Kapal Perang ini bertugas memblokade New York.
Namun Ezra
merupakan orang perama dalam sejarah yang menyerang musuh dengan kapal
selam, tidak begitu beruntung. Karena orang inggris keburu mengetahui
dan mengejarnya dengan sekoci. Ezra pun melepaskan peledaknya dan bom
itu meletus di depan para pengejarnya sehingga Ezra berhasil Lolos.
Dua
kali percobaan menyerang dengan kapal selam dilakukan lagi, tetapi
gagal semua. Pada perang Inggris lawan Amerika tahun 1812-13, Bushnell
mencoba menyerang lagi dengan dengan Turtle yang telah di tingkatkan.
Sasaran kali ini frigat inggris HMS Ramillies yang berada di perairan
Connecticut. Awak kapal selam ini berhasil merapat di bawah kapal
inggris itu dan berusaha melubangi lunasnya untuk menempatkan peledak.
Tetapi bornya patah sehingga gagal, dan karena musuh mulai c
Jumat, 13 Januari 2012
sejarah kapal selam terbesar di dunia 2011
sejarah kapal selam
terbesar di dunia 2011 merupakan postingan gabungan yang membahas
tentang sejarah kapal selam dan kapal selam terbesar di dunia
sejarah kapal selam pertama di dunia ditemukan oleh Seorang penemu dari Nuremberg di Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan sudah merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Namun yang secara sadar merancang sebuah kapal yang menyelam untuk menghindari musuh adalah seorang inggris yang kreatif, William Bourne. Pada tahun 1578 dia membuat rencana kapal selam dengan cukup rinci. Dilengkapi dengan tangki-tangki (ballast) yang dapat di isi air dan di kosongkan lagi untuk mengapung. Namun rancangan ini tidak mewujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices. Padahal sistem tanki balas tersebulah yang di kemudian hari menjadi suatu kunci terpenting pada kapal selam.
gambar kapal selam pertama di dunia
http://rixco.multiply.com/journal/item/277/SEJARAH_PANJANG_KAPAL_SELAM
sejarah kapal selam pertama di dunia ditemukan oleh Seorang penemu dari Nuremberg di Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan sudah merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Namun yang secara sadar merancang sebuah kapal yang menyelam untuk menghindari musuh adalah seorang inggris yang kreatif, William Bourne. Pada tahun 1578 dia membuat rencana kapal selam dengan cukup rinci. Dilengkapi dengan tangki-tangki (ballast) yang dapat di isi air dan di kosongkan lagi untuk mengapung. Namun rancangan ini tidak mewujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices. Padahal sistem tanki balas tersebulah yang di kemudian hari menjadi suatu kunci terpenting pada kapal selam.
gambar kapal selam pertama di dunia
gambar kapal selam pertama di dunia
(entah salah atau benar baikx anda tanyakan langsung saja ama mbah google)
dalam perkembangan sejarah kapal selam di dunia
Seorang investor Belanda bernama Cornelius Drebbel, 50 tahun kemudian
memberanikan diri mewujudkan sebuah kapal selam yang berbentuk seperti
dua perahu yang di susun yang di tutup dengan kulit agar kedap air.
Lubang-lubang dayungannya juga dibuat sedemikian rupa sehingga tidak
kemasukan air . Drebbel tidak menggunakan sistem ballast kapal, melainkan dengan pemberat biasa seperti besi agar perahunya menyelam.
Pada 1620 ia mendemokan kapal selam di sungai Themes di London, dan konon di situ ia dikabarkan telah memakai pipa dan katup
untuk memasukkan udara bersih ke kabin dan mengeluarkan udara kotor.
Sehingga ia merupakan perintis pemakaian schnorkel, alat kapal selam
modern yang di temukan juga oleh orang Belanda tiga abad kemudian,
Adapula orang Prancis, de Son yang membantu membuat kapal selam untuk
membantu Belanda dalam perang dengan inggris tahun 1652-54. Kapalnya di
buat di Rotterdam, diperkuat dengan tombak-tombak besi di tabrakkan ke
kapal musuh. De Son mengkalim kapalnya mampu mengaramkan 100 kapal musuh
setiap harinya dan dapat mencapai kepulawan jajahan belanda di
Indonesia hanya dalam enam pekan saja, Namun kenyataannya, kapal
tersebut tidak mampu bergerak dan hanya menjadi tontonan saja.
Selang
30 tahun kemudian dalam sejarah kapal selam, seseorang pastor Italia
Giovanni Alfonso Borelli pada 1680 juga merancang kapal selam yang di
gerakkan dengan dayung dan memakai kantung-kantung pengapung dari kulit
kambing . Pastor itu merancang kapal karena sebagai ilmuan ia ingin
mengamati kehidupan dalam laut dengan kapalnya. Namun rancangan itu
tetap tinggal di atas kertas, dan baru mewujud ketika orang inggris,
Nethaniel Symons mengkopinya tahun 1747 dan menguji perahunya di S.
Themes. Laporan pada masa itu menyebutkan kapal ini mampu bertahan di
dalam air selama 45 menit.
Seorang pembuat kapal Inggris lainnya
bernama kapalnya Day pada 1773 berhasil menyelamkan kapalnya sedalam 30
kaki. Ia memakai pemberat batu yang dapat di lepas dari dalam kapal.
Setahun kemudian ia mencoba lagi di perairan yang lebih dalam, Day
bersama awaknya menyelamkan kapal mereka pada kedalaman 132 kaki tanpa
memperhitungkan bahaya tekanan air yang makin dalam. Kapal beserta
awaknya tidak muncul kepermukaan, dan usaha untuk menolong mereka gagal
karena cuaca lalu memburuk. Di duga kapal selam Day tergencet tekanan
air, dan ini merupakan kecelakaan fatal pertama sejarah kapal selam.
Dalam
perjalanan sejarahnya yang sudah cukup panjang tadi, penggunaan kapal
selam dengan tujuan militer untuk menenggelamkan kapal musuh, pertama
kali di uji coba pada 1776 oleh seorang pejuang kemerdekaan Amerika,
David Bushnel. Lawannya adalah AL Kerjaan Inggris yang paling kuat di
dunia. Tatkala Revolusi Amerika dimulai pada tahun itu, Inggris pun
dengan kekuatan lautnya memblokade Amerika. Untuk menebus dan melawan
blokade itulah Bushnell membuat kapal selam yang dinamainya Turtle.
Kapal selam kecil ini direncanakan
untuk menyerang musuh dengan mendekatinya dari dalam air, lalu
melekatkan peledak pada tubuh kapal lawan. Dengan memicu pemicu ledak
setelah 30 menit bom itu dilekatkan, diharapkan kapal selam kecil itu
sudah menghindar cukup jauh apabila musuh mengejarnya.
Pada bulan Agustus 1776, kapal selam
yang diawaki Sersan Ezra Lee tersebut di tugaskan untuk menyerang kapal
perang Inggris HMS Eagle yang di lengkapi dengan 64 pucuk meriam, yang
merupakan kapal bendera Laksamana Earl Howe. Kapal Perang ini bertugas
memblokade New York.
Namun Ezra merupakan orang pertama
dalam sejarah yang menyerang musuh dengan kapal selam, tidak begitu
beruntung. Karena orang inggris keburu mengetahui dan mengejarnya dengan
sekoci. Ezra pun melepaskan peledaknya dan bom itu meletus di depan para pengejarnya sehingga Ezra berhasil Lolos.
Dua kali percobaan menyerang dengan
kapal selam dilakukan lagi, tetapi gagal semua. Pada perang Inggris
lawan Amerika tahun 1812-13, Bushnell mencoba menyerang lagi dengan
dengan Turtle yang telah di tingkatkan. Sasaran kali ini frigat inggris
HMS Ramillies yang berada di perairan Connecticut. Awak kapal selam ini
berhasil merapat di bawah kapal inggris itu dan berusaha melubangi
lunasnya untuk menempatkan peledak.
pada
saat ini tahun inggris akan meluncurkan kapal selam terbarunya, Kamis
(16/12/10) di Barrow-in-Furness di Cumbria. Kapal selam berbiaya 1,2
miliar poundsterling atau sekitar Rp 22,5 triliun itu diklaim sebagai kapal selam terbesar Inggris di dunia
Kapal selam bernama Ambush ini
memiliki ukuran 50 persen lebih besar dari pendahulunya, Swiftsure dan
Trafalgar. Panjangnya lebih kurang 291 kaki, setara dengan panjang
lapangan sepak bola. menjadikan kapal selam airbush sebagai kapal selam
terbesar di dunia (kalo tidak salah ya)
berikut adalah gambar kapal selam terbesar di dunia 2011 (kapal selam airbush)
gambar kapal selam terbesar di dunia 2011 (kapal selam airbush)
Hebatnya, kapal selam terbesar
ini mampu mengubah air laut menjadi oksigen dan air tawar sehingga mampu
mempertahankan 98 kru-nya tetap hidup. Selain itu, kapal selam ini juga
nyaris tak bersuara sehingga tak mudah dideteksi musuh.
Sonar dan radar kapal selam Ambush
bisa mendeteksi kapal lain yang berjarak 3.000 nautikal mil (5.556
kilometer). Jadi, jika berada di wilayah laut yang memisahkan Inggris
dengan Perancis, kapal selam ini bisa mendeteksi kapal yang berada di
New York, AS.
gambar kapal selam airbush
Kapal selam ini tak butuh pengisian
ulang bahan bakar dan bisa menyerang menggunakan misilnya hingga sejauh
1.000 mil (1.609 kilometer). Yang terhebat, misi kapal selam biasanya
hanya 10 minggu, tetapi secara teori kapal selam ini bisa bertahan di
dalam air tanpa perlu muncul ke permukaan seumur hidupnya, 25 tahun.
Ambush nantinya akan membawa 38 misil,
yakni misil penjelajah Tomahawk yang punya daya jelajah hingga 1.240
mil (1.996 kilometer). Selain itu, kapal selam ini juga akan dilengkapi
dengan torpedo kelas berat untuk menghancurkan kapal dan kapal selam
lain.
Mesinnya yang bertenaga nuklir bisa
menggerakkan kapal dengan kecepatan hingga 20 knot, memungkinkan kapal
menempuh jarak 500 mil (805 kilometer) sehari. Saking besarnya, energi
nuklirnya dikatakan bisa menghidupi seluruh kota Southampton.
Ambush akan diluncurkan dan dinamai
secara resmi oleh Lady Anne Soar, istri Kepala Panglima Angkatan Laut
Sir Trevor Soar. Selanjutnya, kapal selam berukuran 7.400 metrik ton ini
akan diujicobakan.
Sekadar diketahui, kapal selam ini
bisa membawa 98 kru. Selain itu, Ambush juga dilengkapi gudang yang bisa
menyimpan makanan untuk kebutuhan selama tiga bulan, terdiri dari
18.000 sosis dan 4.200 bungkus sereal Weetabix.
sumber. http://sains.kompas.com/read/2010/12/15/20293659/Kapal.Selam.Terbesar.Buatan.Inggrishttp://rixco.multiply.com/journal/item/277/SEJARAH_PANJANG_KAPAL_SELAM
dunia semakin aneh dengan sejarah
kapal selam dan menciptakan kapal selam terbesar di dunia untuk perang
yang notabene mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, alangkah baiknya
uang pembutan kapal selam terbesar di dunia itu untuk makan rakyat kecil
saja to yo...sekian postingan saya tentang sejarah kapal selam terbesar di dunia
Langganan:
Postingan (Atom)